pinjaman online yang terdaftar OJK

Di Indonesia belakangan cukup marak pinjaman yang ditawarkan secara online. Hal ini tentunya menjadi angin segar bagi masyarakat yang tengah membutuhkan pinjaman uang. Karena memang tidak perlu lama mengantri ke bank untuk apply pinjaman bahkan tanpa adanya jaminan apply tersebut juga langsung disetujui. Banyak orang yang sudah lama mengajukan pinjaman ini, namun ternyata tak kunjung disetujui. Bahkan setelah berkali-kali mencoba apply tersebut tetap saja ditolak oleh lembaga yang bersangkutan. Sehingga kemudian memutuskan alternatif yang paling cepat yaitu fintech. Namun pastikan lembaga pinjaman online yang terdaftar OJK.

 

Istilah OJK tentunya sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda, Otoritas Jasa Keuangan ini merupakan bagian yang begitu penting karena mengatur regulasi keamanan setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Bahkan jika dilihat belakangan ini meskipun ada begitu banyak diantara lembaga keuangan online atau fintech yang beroperasi. Namun ternyata tidak semuanya sudah terdaftar dan juga diawasi oleh OJK ini. Hal tersebut mengindikasikan lembaga keuangan online atau fintech ini tidak aman, masih ilegal.

 

Lalu sebenarnya apa pentingnya memilih lembaga keuangan yang telah terdaftar di dalam OJK ini, berikut diantaranya yang patut Anda ketahui, yaitu:

 

  1. Menerapkan bunga yang ringan, OJK selektif dalam melihat bagaimana prosedur kerja dari sebuah perusahaan keuangan, termasuk diantaranya berapa besar suku bunga yang dibebankan kepada nasabahnya. Lembaga yang sudah terdaftar OJK umumnya menerapkan bunga ideal yaitu ringan. Hal ini tentunya juga berhubungan dengan keamanan Anda selaku pihak yang menerima uang pinjaman tersebut. pengembaliannya nanti tidak akan terasa begitu memberatkan, karena memang nilai bunganya sendiri ringan atau kecil.
  2. Keamanan dana terjaga, selanjutnya adalah dari segi keamanan data Anda. Faktanya memang banyak diantara lembaga fintech yang menyalahgunakan data dari nasabah mereka. Menyebarkan bahkan memperjualbelikan data mereka, tentunya hal ini sangat berbahaya bagi Anda bukan. Karena bisa saja nomor atau identitas digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.
  3. Menghindari resiko terror, tak sedikit kasus dimana nasabah mendapatkan terror dari pihak debt collector, padahal hanya sebentar saja terlambat dalam membayar cicilan. Terror yang diberikan juga dalam berbagai bentuk, mulai diantaranya kekerasan secara verbal sampai dengan non verbal. Tak jarang juga diantaranya yang melakukan tindak kekerasan secara fisik yang pastinya sangat menganggu bukan. Untuk itu pilihlah yang sudah terbukti aman.
  4. Mencegah dampak beban psikis, selanjutnya yang patut Anda waspadai adalah beban psikis yang mungkin ditimbulkan dari terror. Banyak orang yang mengalami stress sampai dengan depresi karena di terror secara terus-menerus oleh pihak debt collector. Apalagi karena mereka mengancam nasabah secara langsung dengan kekerasan fisik. Namun lembaga yang sudah terjamin keamanannya oleh OJK tidak akan menagih hutang disertai dengan teror semacam ini. itulah pentingnya memilih yang sudah terdaftar OJK.

 

Itulah diantaranya pentingnya untuk memilih lembaga pinjaman online yang terdaftar OJK. Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu di website resmi Otoritas Jasa Keuangan tersebut. Jangan buru-buru apply hanya karena kemudahan yang ditawarkan, lebih penting adalah keamanan Anda kedepannya. Hanya saja pada dasarnya produk pinjaman online ini kurang begitu cocok bagi mereka yang butuh uang pinjaman dalam jumlah besar, karena plafon yang mereka tawarkan terbatas, beberapa diantaranya menawarkan plafon pinjaman maksimal hanya mencapai angka 10 juta rupiah saja.