Mengirim paket ke luar negeri memang agak sulit bagi sebagian orang. Terutama bagi yang tidak terbiasa mengirim barang. Tapi sebenarnya kirim paket di masa sekarang ini cukup terbilang mudah dan cepat, bahkan bisa dalam waktu 1 hari saja.

Di zaman sekarang ini banyak hal yang dapat dilakukan secara online, terutama untuk kirim barang ke luar negeri. Tapi yang perlu anda ketahui, dalam melakukan pengiriman online hanya bisa untuk pengisian serta melengkapi formulir saja. Mengenai barangnya anda harus tetap mengantarnya langsung ke kantor pusat ada dikirimkan ke tempat tujuan.

Bagaimana Cara Kirim Barang ke Luar Negeri Secara Online ?

 

  1. Booking Online dan Pilih Negara Tujuan

Cara yang pertama yaitu anda harus login atau daftar akun supaya bisa melakukan booking secara online. Kemudian memasukkan alamat Pengirim dan tujuan pesanan secara lengkap beserta alamat yang dituju.

Dalam mengisi nama, alamat, anda harus mengisi nya dengan rinci. Biasanya setiap pelayanan pada aplikasi kirim barangĀ  akan menyediakan kolom kosong, agar anda bisa menuliskan detail alamatnya.

  1. Pilih Paket Pengiriman

Cara berikutnya yaitu memasukkan details barang yang akan dikirim berdasarkan jenis barang, jumlah barang, berat barang, panjang, lebar, dan tingginya. Biasanya pada layanan jasa kirim barang ke luar negeri akan mematok harga sesuai berat dan jenis barang yang akan dikirim.

  1. Informasi Pengiriman

Cara berikutnya yaitu memasukkan detail pengiriman serta alamat pengiriman. Langkah ini yaitu merangkum details barang yang akan kamu kirim atau yang biasa disebut dengan informasi pengiriman.

Selain informasi pengiriman anda juga akan diberi tahu mengenai regulasi pengiriman yang dilarang oleh negara yang dikirim. Pada tahap ini anda akan diminta agar membaca details pengiriman serta syarat dan ketentuan yang berlaku. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman selama proses pengiriman berlangsung.

  1. Pembayaran

Jika sudah setujui syarat dan ketentuannya. Maka selanjutnya anda akan diminta untuk melakukan pengiriman barang di kantor pusat yang menyediakan jasa kirim barang tersebut.

Setelah dilakukan penimbangan dan pengecekan ulang, maka barulah anda akan diarahkan untuk melakukan pembayaran melalui bank yang diminta. Biasanya penyedia jasa kirim barang ke luar negeri akan memberikan waktu sekitar 5 jam untuk prosess pembayaran ataupun dengan cara transfer.

Sementara untuk ongkos kirimnya tentu berbeda – beda tergantung negara yang dituju. Misalnya ongkos kirim malaysia ke indonesia, tentu akan berbeda jika melakukan pengiriman ke negara yang lain.

  1. Cek Status Pengiriman Barang

Ketika sudah melakukan pembayaran berarti anda sudah melepaskan dan mempercayakan kepada jasa pengiriman tersebut. Selain itu biasanya anda akan diberikan cek resi yang bisa anda cek melalui website dengan menggunakan android. Agar dapat melakukan tracking dan mengetahui status pengirimannya. Sebaiknya anda cek secara berkala.